Beberapa Cara Mengusir Tikus dan Curut di Rumah

Tikus adalah hewan pengerat sumber penyakit yang terkenal sebagai hewan kotor dan meresahkan pemilik rumah. tikus bisa ada dimana saja dari loteng, plafon rumah, lemari dapur, gudang dan semua ruangan yang lembab atau tidak bersih bisa menjadi sarang tikus. Tikus keberadaan di rumah sangat menganggu dari merusak barang yang ada di rumah hingga membuat bau serta kotor rumah dengan kencing dan kotoran tikus. Terus pertanyannya bagaimana cara mengusir tikus. Ada beberapa cara mengusir tikus yang sudah bersarang atau terus menganggu rumah kamu dengan mudah yaitu dengan cara tradisional mengusir tikus ataupun dengan cara modern mengusir tikus.
Sumber: kabartani.com



Cara Modern Mengusir Tikus:
1. Kamper
Kamper atau dikenal juga dengan kapur barus pengusir tikus  merupakan cara ampuh mengusi tikus yang bisa dibeli dengan mudah di toko kelontong ataupun di supermarket. Cara menggunakan kapur barus pengusir tikus  cukup mudah hanya perlu meletakkan kapur barus pengusir tikus  di tempat yang sering di datangi tikus. Pastikan mencuci tangan setelah memegang kamper atau kapur barus pengusir tikus  karena mengandung zat cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.
2. Amonia
Campurkan amonia dua cangkir, seperempat gelas air, dua sendok deterjen. Lalu taruh campuran ini di tempat yang sering di singgahi tiku. Alasan penggunaan amonia, karena amonia memiliki bau yang menyengat sehingga tikus tidak ke tempat itu.
3. Minyak Peppermint
Seperti amonia, minyak peppermint memiliki bau yang menyengat jadi minyak peppermint bisa menjadi cara mengusir tikus. Karena tikus tidak tidak tahan bau menyengat. Caranya celupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint dan taruh di tempat yang sering di datangi tikus.
4. Bulu burung hantu dan ular plastik
Gunakan bulu burung hantu atau ular plastik mainan untuk menakut-nakuti tikus agar tikus pergi. taruh bulu burung dalam lubang tikus jika ada lubang tikus di rumah anda. Jika tidak menemukan lubang tikus, gunakan ular plastik dengan menaruhnya dihalaman rumah agar menakuti tikus.
Cara Tradisional Mengusir Tikus:
Selain cara modern menggunakan kamper (kapur barus pengusir tikus), amonia, minyak pepermint, bulu burung hantu ataupun ular plastik. Ada juga cara tradisional mengusir tikus dengan menggunakan rempah-rempah dan lain semacamnya sebagai berikut:
1. Lada
cara tradisional mengusir tikus pertama yaitu menggunakan lada. Lada mempunyai bau menyengat yang juga ampuh mengusir tikus. Taburkan lada di sudut-sudut ruangan dan lubang-lubang tikus untuk mengusir tikus.
2. Daun salam
Mungkin kalian tahu tikus adalah hewan omnivora yaitu pemakan segalanya termasuk memakan daun-daunan. Daun salam adalah daun yang bisa membunuh tikus jika tikus memakannya.
3. Bawang
Bawang adalah cara  tradisional lainnya yang mengusir tikus. Bau bawang yang menyengat dianggap tikus sangat menjijikkan, iris bawang taruh di lubang atau di dekat lubang tikus.
4. Kotoran sapi dan kucing
Bau kotoran sapi bisa membuat tikus untuk tidak mau masuk ke rumah anda. Kotoran kucing juga  bisa mengusir tikus.
5. Buah Mengkudu
Dengan menaruh buah mengkudu yang sudah matang di tempat tikus sering datangi, buah mengkudu yang sudah matang memiliki bau yang menyengat dan ini dibenci oleh tikus. 
6. Jangkrik
Suara dari jangkrik juga membuat tikus merasa takut dan akan membuat tikus itu pergi dari rumah. Pelihara jangkrik dan taruh jangkrik di tempat yang sering dilalui oleh tikus, agar tikus tidak berani masuk

Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah
1. Suara Gaduh
Suara gaduh di rumah kamu bisa mengusir tikus dari plafon rumah kamu. 


2. Racun tikus



Menaruh racun tikus di plafon rumah, racun masih cara paling ampuh untuk mengusir tikus. racun tikus yang berbentuk batangan seperti coklat, itu menarik perhatian tikus dan tikus akan memakannya. kelebihan racun tikus ini adalah tikus akan mati setelah minum, jadi tikus tidak akan mati di plafon atau genteng rumah anda. Tikus akan mencari sumber air untuk minum, karena merasa sangat haus setelah memakan racun tikus itu. Setelah minum, racun tikus bekerja dan tikus akan mati.
3. Daun sirsak
cara mengusir tikus dari plafon rumah yang terakhir adalah daun sirsak. Taruh daun sirsak di plafon rumah, dibagian yang sering ditempati atau sering bunyi gaduh karena ulah tikus yang bergerak kesana kemari. Tikus tidak menyukai bau daun sirsak sehingga tikus akan pergi dari plafon rumah anda.

4. Lem Tikus
Lem tikus adalah salah satu cara menjebak tikus dengan menaruh umpan berupa ikan atau keju dalam posisi lembar lem tikus untuk memancing tikus agar terjebak dalam lem tikus

Tips Cara Mengusir Tikus Curut


Sumber: seputarcaraku.com
Beberapa tips sederhana untuk mengusir tikus curut dari rumah
1. Tutup Lubang 
Tutup lubang, karena tikus curut bisa masuk ke rumah melalui lubang. Walaupun lubang itu kecil, karena curut adalah tikus yang berukuran kecil sehingga bisa muat di lubang kecil. Jadi pastikan tutup lubang yang ada di rumah dengan gumpalan kertas, sabun cuci piring berbahan tembaga ataupun barang yang keras tidak mudah rusak.
2. Tutup Tempat Sampah
Tutup tempat sampah dan pastikan membuang sampah setiap hari agar mencegah bau menyengat yang bakal memancing tikus betah tinggal disana.
3.Pelihara Kucing
Kucing merupakan predator sekaligus musuh alami curut dan tikus. Dengan memelihara kucing, tikus dan curut akan takut masuk ke rumah anda.
4. Hindari Menciptakan Persembunyiaan  Curut
Entah sengaja atau tidak, sudut-sudut tersembunyi antara perabotan rumah tangga dan dinding, celah bisa menjadi tempat persembunyiaan curut. Cukup jarak 10 cm untuk celah antara furnitur dan dinding serta pastikan lemari tertutup rapat dan tidak ada lubang. itulah cara cara mengusir tikus curut dengan mudah.

5.Cuka
Cara mengusir tikus curut dengan mudah, campurkan cuka setengah botol dengan 2 galon air dan semprotkan air yang di campur cuka  di bagian luar rumah kamu.  Cara mengusir tikus curut dengan cuka bisa juga dengan mencampurkan cuka dengan air lalu mengepel seluruh lantai rumah. Rendamkan bola kapas ke dalam cuka, lalu letakkan cuka ke tempat dimana tikus curut sering datangi. Pastikan bola kapas tidak kering dan bola kapas memiliki aroma cuka agar tikus curut tidak datang ke tempat itu. Karena tikus benci bau cuka, karena cuka memiliki bau yang menyengat.