Berbagai Macam Kegunaan tanah liat

Tanah liat mungkin sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang tetapi banyak orang yang masih belum mengetahui kegunaan tanah liat. Tanah liat juga dikenal sebagai tanah lempung, Mari kita kenali tanah liat dan kegunaan tanah liat lebih jauh.

Kegunaan tanah liat

Apa sebenarnya tanah liat itu?
tanah liat terbentuk dari aktivitas gunung berapi yang mempengaruhi lingkungan baik secara fisik atau kimia dalam jangka waktu tertentu. Tanah liat sebenarnya adalah sendimen debu vulkanik yang sudah dingin. tanah liat memiliki stuktur dan komposisi yang berbeda tergantung dari mana tanah liat itu berasal. Tanah liat adalah partikel kecil yang bisa menyerap air dalam jumlah banyak. tanah liat bisa menyerap mineral dan subtansi organik seperti besi.

Kegunaan Tanah lihat

1. Agen Antibakteri Alami
Masing-masing tipe tanah liat memiliki kegunaannya sendiri-sendiri, berdasarkan asal tanah liat, komposisi kimianya dan kandungannya. Dalam Tanah liat terdapat  beberapa kandungan anti bakteri juga. minute  partikel membungkus bakteri dan mengambil nutriso serta oksigen dari bakteri. Hal ini yang membuat tanah liat sebagai agen antibakteri alami.

2. Produk kecantikan 
Tanah liat sudah banyak digunakan dalam industri kecantikan dan kesehatan. Contohnya pada Spa, tanah liat dicampurkan dengan air sebagai geotherapy, tanah liat di campurkan dengan air laut atau air garam atau air kesehatan minero lalu di matangkan yang dikenal dengan pelotherapy, atau tanah liat dicampur dengan lilin yang disebut terapi para-mud.

Untuk geotherapy dan pelotherapy bisa dilakukan sebagai masker wajah, cataplasma, mandi tanah liat, tergantung bagian tubuh yang ingin diberikan treatment, dan suhu tanah liat tidak boleh terlalu panas ataupun dingin. Mandi tanah liat sering digunakan di spa untuk memandikan tangan, lengan, kaki atau bahkan seluruh tubuh atau mandi dengan perpaduan air dan tanah liat.

Tanah liat Bentonite 

Tanah liat Bentonite sering digunakan untuk   spa ataupun perawatan kecantikan. Tanah liat Bentonite memiliki aliran eletromagnetik negatif yang kuat, dan saat di aktifkan dengan air, ini berfungsi seperti magnet yang menarik racun dan logam dalam tubuh kita. Saat dicampurkan dengan air, tanah liat Bentonite akan seperti sepon. tanah liat Bentonite  bisa menarik 40-50 kali lipat beratnya. Tipe tanah liat Bentonile  dibedakan dan beri nama sesuai dengan elemen paling dominan di dalamnya seperti odium bentonite, calcium bentonite, aluminum bentonite, dan potassium bentonite. Masing-masing memiliki manfaat yang berbeda.

 Tanah liat Bentonite sekarang sudah banyak digunakan dalam produk perawatan kulit, rambut dan masker wajah, pasta gigi,lotion, deodorant, sabun bahkan make up.

3. Kerajinan tanah Liat
Hal ini yang sering kita jumpai, kerajinan dari tanah liat seperti gerabah, vas bunga,  guci dan kerajinan tanah liat lainnya. Mungkin bagi kamu yang hobi untuk melakukan prakarya bisa mencoba membuat kerajinan tanah liat yang seperti membuat celengan dari tanah liat untuk menabung, tungku tanah liat untuk kompor, membuat asbak dari tanah liat untuk tempat menaruh abu rokok, ataupun membuat kendi untuk tempat minum kamu.

4.Kesehatan
Untuk formulasi obat,menghilangkan rasa sakit perut dengan menaruh tanah liat setebal 1/2 cm di perut lalu berbaringlah hingga sakit perut mereda.

Itulah beberapa kegunaan tanah liat untuk berbagai kehidupan kita di zaman modern sekarang ini. Gimana sudah tahu’kan manfaat dan kegunaan tanah  bagi kehidupan kita.  Semoga membantu bagi kamu yang bingung mencari tahu kegunaan tanah liat selama ini.