Macam-Macam Mesin Pada Mesin Panen Sawit dan Cara Kerjanya

Siapa yang tidak tahu tanaman kelapa sawit? Kelapa sawit merupakan tanaman yang menjadi komoditas ekspor terbesar di Indonesia. Tanaman yang berasal dari negara Brazil ini sukses menjadi salah satu komoditas yang sangat menjanjikan di Indonesia. Daerah yang menjadi tempat tumbuhnya perkebunan kelapa sawit di Indonesia yaitu di Kalimantan, Sulawesi, Aceh, Jawa, dan pantai timur Sumatra. Perkebunan ini dapat menghasilkan banyak keuntungan bagi manusia.

Sumber:  pupuksawitsumatera.wordpress.com

Jika masa panen kelapa sawit tiba, maka mesin panen sawit akan menjadi alat yang paling dicari. Mesin tersebut mampu memotong beberapa bagian dari kelapa sawit dengan cepat dan mudah. Sehingga, para petani kelapa sawit dapat memproses panen kelapa sawit dengan lebih mudah. Ada beberapa macam mesin untuk memanen kelapa sawit yang bisa Anda dapatkan. Mesin-mesin tersebut lebih efektif dan efisien digunakan daripada dengan cara yang manual.

Mesin Dodos

Mesin dodos merupakan modifikasi dari alat manual yang juga bernama dodos. Hanya saja, mesin dodos dibantu oleh mesin penggerak yang semakin mempercepat dan mempermudah petani dalam memanen kelapa sawit. Mesin ini memanen kelapa sawit yang rendah dengan ketinggian maksimal 3 meter. Di bagian ujung mesin dodos ini terdapat pisau yang berbentuk pipih dan tajam serta melebar di bagian ujungnya hampir menyerupai sekop kecil.

Mesin Egrek

Mesin egrek juga merupakan modifikasi dari alat manual memanen sawit yang bernama alat egrek. Untuk mesin ini mampu memotong kelapa sawit yang tinggi dengan ketinggian lebih dari 3 meter. Mesin ini memiliki bentuk memanjang, lebih panjang daripada mesin dodos dengan bagian ujungnya terdapat pisau tajam melengkung berbentuk bulan sabit.

Mesin dodos dan egrek dilengkapi dengan beberapa alat yang membuat mesin tersebut dapat bekerja dengan cepat memotong beberapa bagian dari pohon kelapa sawit. Alat-alat tersebut menjadi bagian penting untuk menghasilkan mesin panen kelapa sawit.

Tiga bagian penting tersebut diantaranya:
Mata pisau. Mata pisau ini menjadi alat penting untuk dapat memotong bagian-bagian kelapa sawit hingga mendapatkan apa yang akan dimanfaatkan nantinya.
Mesin penggerak. Mesin penggerak menjadi mesin yang sangat membantu alat dapat bekerja dengan efektif dan efisien. Keberadaan mesin penggerak ini mempermudah pekerjaan bagi para petani kelapa sawit.
Galah. Galah merupakan tongkat yang memiliki panjang tertentu. Panjangnya sebuah galah ini dapat diatur dengan sedemikian rupa. Sehingga, Anda dapat meraih beberapa bagian dari kelapa sawit yang cukup tinggi maupun rendah sekalipun.

Cara penggunaan mesin kelapa sawit cukup mudah:

 Berikut cara-caranya:
Atur terlebih dahulu panjang dari galah sesuai dengan tinggi pohon kelapa sawit yang akan dipanen. Anda tidak perlu khawatir, karena cukup mudah untuk menaik atau menurunkan panjang galah menyesuaikan dengan bagian-bagian dari kelapa sawit.
Jika sudah mendapat panjang yang cocok untuk galah dan tinggi kelapa sawit, kencangkan di bagian pengatur dari panjang galah agar panjangnya tidak berubah-ubah.
Jangan lupa memasangkan mata pisau berbentuk dodos maupun egrek sesuai dengan kebutuhan Anda. Pasang di bagian ujung galah dan kencangkan mata pisau hingga terpasang dengan sangat baik.
Tuang bahan bakar ke dalam tangki bahan bakar pada motor mesin. Dan nyalakan mesin sampai mata pisau mesin panen bergerak.
Arahkan mata pisau yang bergerak tersebut ke kelapa sawit.
Maka, mesin panen sawit siap.