Peran Penting Dari Vibrating Screen

Vibrating Screen adalah salah satu alat penting yang digunakan dalam pabrik kepala sawit. Alat ini memiliki fungsi untuk memisahkan bahan yang solid atau padat yang dalam minyak kasar dengan cara mengayak atau digetar dengan media saringan dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Vibrating Screen
Sumber: surgapetani.blogspot.com

Pada umumnya, untuk pemakaian dari mesin dari vibrating screen yang digunakan di pabrik akan dipasangkan saat sebelum proses masukkannya tangki minyak yang kasar dan proses untuk mengayak ini akan dilakukan dengan memberikan air panas sebagai salah satu pencuci dan pelarut dengan suhu kurang lebih 80 hingga 90 derajat.

Peran dari Vibrating Screen di Kelapa Sawit


Vibrating Screen ini memiliki fungsi untuk memisahkan NOS yang isinya adalah kotoran, serat fiber dengan ukuran beragam dan juga minyak kasar yang tidak bisa diendapkan dalam tangki yang digunakan untuk proses penangkapan pasir. Untuk penambahan air panasnya sendiri memiliki tujuan agar proses pemisahan partikelnya bisa anda pisahkan dengan baik selain bertujuan hanya untuk mengurangi atau untuk membasmi beberapa proses penyumbatan yang sangat mungkin terjadi pada vibrating screen.

Ada beberapa fungsi lain yang juga bertujuan untuk menjaganya agar tidak terlalu sering terjadi proses putaran separator yang berputar dengan lambat. Agar proses untuk memisahkan ini juga berjalan dengan lancr dan baik, maka biasanya digunakan ukuran dari mest bisa menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi adanya proses pemisahan dari vibrating screen ini. Dengan kata lain mest yang ada di mesin ayakan ini memiliki getaran di beberapa mulai dari 20 derajat hingga 60 derajat.

Partikel pemisah
Setidaknya ada dua jenis partikel yang bisa dipisahkan dengan menggunakan vibrating screen diantaranya :

•         Pasir dan Tanah
Pasir dan tanah adalah salah satu partikel yang bersumber pada buah sakit dimana ketika dipanen buahnya akan jatuh ke tanah dan pasir atau biasanya akan terikut dengan buah sawitnya. Secara umum beberapa pabrik minyak kelapa sawit akan memiliki tangki yang digunakan untuk menangkap pasir yang mana tujuannya adalah mengedapkan beberapa partikel yang memiliki berat jenis yang lebih besar dari satu. Sehingga proses yang digunakan untuk pengendapan atau waktu untuk retensi memang sangat singkat, karena biasanya hampir tak semua pasir atau gumpalan pada tanah akan dipisah. Hal inilah yang akan diproses lebih lanjut yang digunakan untuk proses pemisah dengan menggunakan mesin vibrating screen.

•         Serat Sawit
Serat sawit atau biasa disebut dengan ampas sawit yang ada dalam minyak sawit harus anda pisahkan dengan tujuan agar kadar dalam kotoran minyak sawitnya bisa disesuaikan dengan standart dan kualitasnya. Dan untuk penambahan tangki yang digunakan untuk menangkap pasir ada diantara talang yang keluar minyak ada di mesin kempa ulir dan biasanya dapat di tambah ketahanan dan umur untuk pemakaian mesin vibrating screen. Karena pasir yang ada dalam minyak sendiri memiliki daya gesek yang cukup tinggi untuk metal yang bisa digunakan untuk mempercepat aus screen yang ada dalam alat vibrating screen.

Karena memiliki peranan yang sangat penting, maka tak heran jika vibrating screen harus anda pertimbangkan sebagai salah satu cara untuk proses penyulingan dan pengayakan minyak kepala sehingga untuk hasilnya juga akan jauh lebih baik lagi dan tidak akan mengecewakan, itulah sebabkan pabrik kelapa sawit banyak yang menggunakannya untuk keperluan dalam produksi.