Sieve Shaker Bantu Kontrol Kualitas Yang Sempurna

Sieve shaker adalah sebuah alat yang digunakan pada laboratorium, umumnya alat ini digunakan untuk kegiatan separasi bahan yang dibedakan menurut ukuran bahan atau partikelnya. Alat laboratorium ini bekerja dengan memisahkan padatan dengan cairan menggunakan peralatan penyaringan yang berlapis. Di dalam sieve shaker juga terdapat mesh saringan yang berbeda-beda yang berfungsi memudahkan kegiatan separasi bahan uji lab.

Sumber:.indiamart.com

Dengan memanfaatkan getaran sekaligus sedikit tambahan air untuk memudahkan bahan yang ingin dipisahkan menggunakan mesh saringan. Selain meratakan permukaan bahan yang akan disaring, sieve shaker juga bisa mengarahkan bahan yang tidak tersaring sehingga dipisahkan dengan bahan yang diperlukan. Setiap bidang farmasi yang bertugas mengayak obat-obatan dalam bentuk bubuk pasti menggunakan sieve shaker untuk memudahkan kegiatan separasi bahan obat-obatan tersebut. Bagi Anda yang belum mengenal sieve shaker dengan baik. Yuk, coba simak ulasan ringkas seputar sieve shaker berikut ini.

Kenali Fungsi Dari Sieve Shaker
Bagi sebagian orang mungkin cukup asing dengan istilah saringan shaker. Padahal jawabannya cukup sederhana. Mesin atau alat ini memiliki fungsi untuk mengekspos partikel di dalam sampai ke seluruh bagian bukaan di setiap saringan. Tumpukan saringan pada alat ini terdiri antara 1 hingga 18 saringan dengan ukuran mesh saringan yang ditentukan berdasarkan standar industri atau standar produksi produk tertentu. Setiap saringan akan dipasangkan pada sieve stackbe yang kemudian dimanfaatkan untuk menganalisis ukuran partikel tertentu.

Di bagian atasnya terdapat saringan dengan lubang jala berukuran besar jika dibandingkan saringan berikutnya. Pada saringan selanjutnya ukuran lubang jala lebih ketat dan kecil dibandingkan saringan atas. Di dalam konsepnya, gerakan pengayak saringan ini memiliki pola melingkar dan vertikal. Dengan kata lain, sieve shaker bekerja dengan getaran atau gerakan secara orbital. Pada awalnya gerakan ini disebut dengan memutar saringan dengan mengetuk sisinya. Hal inilah yang membuat pengayak mekanis modern ini memiliki hak cipta Ro/Tap yang berarti berputar dan mengetuk.

Sieve Shaker, Alat Pengayak Praktis Paling Bersejarah
Sieve shaker merupakan alat saringan pertama kali yang dibuat menggunakan meja orbital dan palu serta memiliki suara yang sangat berisik. Beberapa pengembangan dan inovasi dilakukan untuk mengatasi suara berisik atau mengatasi kebisingan yang didapat dari pengoperasian alat pengayakan ini. Beberapa terobosan yang sempat dilakukan ialah seperti penggunaan piring ayakan yang diletakkan di sebuah cam dan selanjutnya akan digerakkan menggunakan sabuk dan motor listrik. Selanjutnya offset bobot akan dipasangkan pada  pegas. Pegas horizontal, magnet dan medan listrik juga sempat digunakan pada pengembangan sieve shaker.

Selain itu, khusus untuk mengatasi pengocok yang mengeluarkan suara bising, diciptakan sebuah kotak yang mampu meredam suara mesin pada alat pengayak praktis ini. Perlu diketahui, efektivitas penggunaan sieve shaker sangat bergantung pada material yang akan diuji atau disaring. Selain itu, terdapat pula ukuran minimum bahan yang bisa dipisahkan. Kondisi ini sangat mempengaruhi ketahanan terhadap aglomerasi serta kendali listrik statis.

Contohnya, saat menganalisis pasir silika kering, mungkin sangat mudah untuk memisahkannya hingga ukuran 50 mikron. Sebagian besar saringan bisa melakukan pekerjaan seperti dengan baik. Akan tetapi, jika bahan yang memiliki bentuk cenderung menggumpal atau beragliserasi, sieve shaker dengan tumpukan getaran pengejut vertikal akan memberikan hasil yang lebih baik. Apabila material yang akan diuji memiliki karakteristik listrik statis yang lumayan tinggi, maka yang diperlukan ialah metode pengayakan basah. Itulah informasi ringkas seputar sieve shaker, semoga bermanfaat.